Search This Blog

Total Pageviews

Tuesday, March 3, 2020

Peringatan ERROR pada Mikrotik


WAJIB TAU!!! MACAM-MACAM PESAN ERROR SAAT LOGIN (Routerboard Mikrotik)





Pada perangkat tersebut sudah tertanam pesan error default yang dapat dirubah dan juga tidak dapat di rubah, contohnya saat anda salah memasukan password atau username akan muncul tulisan error "Username/Password Salah", tulisan tersebut adalah pesan error yang dapat di rubah, jika pesan yang tidak dapat di rubah adalah pesan yang masih bertulisan bahasa inggris seperti "invalid password" dll.
Berikut akan saya jelaskan keterangan dari pesan-pesan error tersebut.

·       Invalid Username Or Password
Pada pesan error tersebut pasti sudah tidak asing lagi dan jika tidak salah pesan error tersebut dapat dirubah dan sudah menjadi "Username / Password Salah".
Solusi : Periksa lagi username / password yang anda masukan apakah sudah benar atau belum atau hubungi Pihak Unit Sistem Informasi untuk memberikan informasi Username / Password yang valid.

·       User <nama_user> Not found
Pada pesan error tersebut menandakan bahwa username yang anda masukan tidak dikenali dan tidak termasuk pengguna Hotspot tkj-nesaka, biasanya ini terjadi ketika anda salah memasukan username atau anda mencoba untuk masuk dengan akun asal.
Solusi : Periksa lagi username yag anda masukan atau hubungi Pihak Unit Sistem Informasi untuk memberikan informasi Username / Password yang valid.

·       Access Denied At This Time
Untuk pesan error tersebut pasti tidak asing di kalangan siswa yang mencoba login di waktu yang bukan seharusnya, dari judulnya saja sudah jelas bahwa "Akses Ditolak Saat Ini" tetapi tetap saja terus mencoba login, tapi kami menghargai usaha anda 😀 untuk berjuang demi internet gratis 😋
Solusi : Berhenti untuk mencoba login dan coba login kembali besok pagi!

·       Simultaneous Session Limit Reached
Pesan error tersebut mungkin sudah jarang ditemui karena sudah saya ganti menjadi "Akun Sedang Aktif", error tersebut terjadi karena anda mencoba login dengan akun yang sedang aktif / sedang digunakan atau mungkin akun anda diketahui oleh orang lain dan sedang dipakai.
Solusi : Minta kepada pihak Unit Sistem Informasi untuk mengeluarkan akun tersebut secara paksa dan minta juga untuk mereset / mengganti password akun anda.

·       Invalid Password
Sudah jelas jika ada pesan error tersebut anda salah memasukan password
Solusi : Coba kembali login dengan password yang benar atau tanyakan kepada Pihak Unit Sistem Informasi untuk informasi Password Akun anda, mungkin saja password anda sudah di reset oleh pihak Administrator.

·       You Are Not Logged In
Pada pesan error tersebut biasanya menandakan bahwa anda mengakses status page / halaman status dengan url (smkikakartika.net/status) atau mencoba logoff ketika akun sedang tidak login.
Solusi : solusi pada tampilan error ini adalah anda harus login terlebih dahulu, mungkin anda lupa login sebelumnya.

·       Already Authorizing, Retry Later 
Pesan error tersebut menandakan bahwa proses autentikasi atau proses login anda sedang di periksa oleh server dan anda terus meminta autentikasi atau terus menekan tombol "Masuk" terus menerus.
Solusi : Tunggu hingga proses login dikerjakan oleh sistem, kemudian coba lagi jika ada kesalahan.

·       Chap-Missing = Web Browser Did Not Send Challenge Response (Try Again, Enable JavaScript  
Nah kalo untuk pesan error tersebut permasalahannya ada pada perangkat anda, perlu diketahui bahwa Routerboard kami bekerja pada kode backend Javascript dan perangkat anda sedang barmasalah pada fitur Javascript.
Solusi : Jika terus menerus gagal login pada tampilan otomatis coba untuk login menggunakan browser di perangkat anda atau gunakan browser lain untuk melakukan login, untuk mengakses halaman login silahkan ketikan url berikut (smkikakartika.net) maka tampilan login akan muncul.

·       Username <nama_user> Is Not Allowed To Log In From This MAC Address
Ada kalanya pada penerapan akun sudah di tetapkan untuk 1 Akun khusus untuk 1 Perangkat saja dan anda mengakses akun tersebut di bukan perangkat yang seharusnya maka pesan error tersebut akan muncul. Aturan tersebut akan diterapkan bagi akun di sekolah bahwa 1 Akun Hotspot hanya akan ditetapkan pada 1 Perangkat tertentu saja.
Solusi : Hubungi Pihak Unit Sistem Informasi untuk menginformasikan bahwa anda sudah ganti perangkat.

No comments:

Post a Comment